Disini gue cuma manusia biasa yang mau berbagi pengetahuan gue. Gaada yang hebat, lebih hebat, ataupun paling hebat. Ketika loe masuk blog gue, semua sama rata! thanks for visiting ;)

Monday, March 4, 2013

Cara Membuat Tempe

Jangan mentang-mentang tempe itu makanan yang bentuknya iyuh dan jelek, loe jangan salah sob! tempe itu kandungannya lebih dari sekedar tempe.
Jangan takut dan jangan kecil hati kalau loe dikatain "mental tempe!" karena tempe itu adalah salah satu makanan yang bergizi tinggi.

Tempe itu adalah salah satu makanan yang berasal dari bahan yang di fermentasi dan Bahan itu adalah kacang kedelai.
Kacang kedelai di kasih ragi yang isinya itu adalah jamur rhizopus oryzae. Masih inget dong salah satu jenis jamur yang sempet kenalan sama kita pas lagi SD dulu :D


Jamur yang tumbuh pada kedelai kedelai ini menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh manusia. Tempe mengandung : serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penyakit degeneratif.

Tapi hati-hati ya sob! karena semakin pasarannya konsumsi tempe, maka ragi yang diapakai pun bisa beragam-ragam dan ada juga ragi yang berisikan jamur yang justru berbahaya!

Oke, daripada gue cuap-cuap mulu tentang tempe tapi gak habis-habis, mendingan gue kasih nih kiat-kiat buat bikin tempe :)
cekidot! :p

Bahan :

1. Kedelai
2. Ragi (yang sudah jadi) atau jamur rhizopus yang sudah di kembang biakan
3. Daun pisang (sudah dipotong)
4. Plastik

Alat :

#  Kompor gas
# Wajan
# Dandang
# Kipas
# Saringan
# Wadah
# Solet (untuk mengaduk)
# Tampah

Langkah - Langkah dalam membuat tempe adalah sebagai berikuuuuttttt :

1) Mencuci Kedelainya setengah hari sebelum pembuatan kedelai dimulai (kira-kira 14 jam sebelum pembuatan kedelainya). Setelah kedelai dicuci bersih, taroh di wadah yang dan kedelai direndam dengan air dingin, biar kulit kedelainya bisa misah dengan gampang. Kalau udah lebih dari 14 jam kulit kedelainya gak copot-copot, yaaa bantu pake tangan aja copotinnya.

2) Mencuci alat dan bahan yang udah disiapkan tadi. Biar jamur yang nanti dipakai dan dimasukkan tidak bereaksi dengan kuman yang dibawa oleh alat dan bahan loe yang kotor.

3) Kedelai yang udah dibersihin direbus sampe lunak

4) Kalau udah lunak, angkat kacang kedelai tadi dan airnya disaring, kemudian taruh di wadah sambil di kipasin. Boleh dikipas secara manual maupun elektrik. *lho wkwkw

5)  Setelah suhu kedelai turun, taburin ragi dan aduk samapi rata. Jangan sampe gak rataa yaa sobat :D
ukurannya 1,5 gram ragi untuk 2 kg kedelai ya :) brarti kalo loe bikin 4 kg, loe mesti pake raginya 3 gram.

6) Masukkin kedelai ke dalem daun pisang atau plastik. Lebih bagus sih daun pisang, biar panasnya rata :)
tungguin aja sampai 2 harian. Dan tempe buatan sendiri udah bisa di kreasikan sesuai keinginan loe.

Gampang kan cara membuat tempe ?
membuat tempe itu gak susah lho sob. Butuh kesabaran dan hoki aja sih :p
selamat mencoba ~

No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...